Ini Dia Beberapa Keunggulan Fitur SPSS Sebagai Program Olah Data

Terdapat banyak software olah data di pasaran yang acap kali diterapkan seperti SPSS, AMOS, LISREL, SmartPLS dan lain-lain. Tetapi dari seluruh itu, SPSS paling lazim diaplikasikan para peneliti dan mahasiswa.

SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) diwujudkan SPSS Inc dan pertama kali dijual tahun 1968 yang bertitel SPSS 1.0 dan senantiasa diupdate hingga versi SPSS 19.0. Baca informasi perihal jasa olah data malang disini.

Sebagian kemudahan yang dipunya SPSS dalam pengoperasiannya yaitu sebab SPSS menyediakan sebagian fasilitas seperti berikut ini:

Data Editor
Yakni jendela untuk pengolahan data. Data editor didesain sedemikian rupa seperti pada aplikasi-aplikasi spreadsheet untuk mendefinisikan, memasukkan, mengedit, serta menunjukkan data.

Viewer
Viewer mempermudah pengguna untuk mengamati hasil pemrosesan, menampilkan atau menghilangkan bagian-komponen tertentu dari output, serta memudahkan distribusi hasil pengolahan dari SPSS ke aplikasi-aplikasi yang lain.

Multidimensional Pivot Tables
Hasil pengolahan data bakal ditunjukkan dengan multidimensional pivot tables. Pemakai dapat mengerjakan eksplorasi terhdap tabel dengan pengaturan baris, kolom, serta layer.

High-Resolution Graphics
Dengan kesanggupan grafikal beresolusi tinggi, bagus untuk menampakkan pie charts, bar charts, histogram, scatterplots, 3-D graphics, dan yang lainnya, bakal membikin SPSS tidak cuma gampang dioperasikan melainkan juga membikin user merasa nyaman dalam pekerjaannya.

Database Access
Pemakai software ini dapat mendapatkan kembali informasi dari sebuah database dengan menggunakan Database Wizard yang disediakannya.

Data Transformations
Transformasi data akan menolong pemakai mendapat data yang siap untuk ditelaah. User dapat dengan mudah melaksanakan subset data, mengkombinasikan kategori, add, aggregat, merge, split, serta beberapa instruksi transpose files, dan yang lainnya.

Electronic Distribution
User dapat mengirimkan laporan secara elektronik memakai sebuah tombol pengiriman data (e-mail) atau menjalankan export tabel dan grafik ke mode HTML sehingga mendorong distribusi lewat dunia online serta intranet.

Online Help
SPSS menyediakan fasilitas online help yang akan senantiasa siap menolong pemakai dalam melakukan pekerjaannya. Bantuan yang diberikan bisa berupa tanda pengoperasian secara rinci, kemudahan pencarian prosedur yang diharapkan sampai pada contoh kasus dalam pengoperasian program ini.